Pelajaran Bisnis Dari Dora Sang Penjelajah

image

Beberapa hari ini kerap kali Sy dipaksa anak-anak untuk turut menyaksikan film yg menjadi favorit mereka selama liburan.

Yaa....

Berbeda dgn sebagian kita dahulu yg masih menggandrungi Si Unyil dan semacamnya, anak sekarang lebih gandrung kepada Dora The Explorer dan semacamnya.

Hal tersebut seolah membenarkan pameo "Manusia adalah Anak Zamannya".

Artikel ini tidak untuk menguliti Si Unyil maupun Dora, namun lebih pada pengandaian tokoh2 di film Dora dalam kaitannya dengan dunia bisnis.

Adapun tokoh fiktif dimaksud a.l : Si Dora, Si Boots, Si Ransel, Si Peta dan Si Slyper.

Sbb:

Si Dora
Merupakan tokoh sentral yg merepresentasikan kita sebagai pelaku bisnis yg seharusnya tidak pernah menyerah terhadap tantangan bisnis dan senantiasa bertanya/belajar bila ditemukan kendala dalam petualangan bisnisnya.

Si Boots
Adalah tokoh kera yg senantiasa mendampingi Dora dalam petualangannya. Figur tokoh ini merupakan perwujudan dari teman bisnis tempat kita berbagi cerita, berbagi solusi, berbagi kerjaan dan berbagi modal :D

Bahkan dalam kondisi tertentu figur relasi teman bisnis ini menjadi bagian yg wajib untuk startup bisnis kita.

Si Ransel
Tokoh berupa tas ransel tempat Dora meletakkan seluruh perbekalan dalam petualangannya. Merupakan representasi dari kantong bekal bisnis kita berupa investasi dan portofolio lain selain bisnis utama yg running, wajib dan dibutuhkan untuk backup kelangsungan bisnis utama manakala ditemukan kendala bangkrut dalam perjalanan bisnis kita.

Si Peta
Adalah Si Peta yg senantiasa memandu Dora dalam petualangan menuju tujuannya, seperti halnya pebisnis yg membutuhkan juga roadmap/peta bisnis untuk memetakan tantangan, peluang dan resolusi bisnisnya.

Si Slyper
Terakhir adalah tokoh Slyper yg terkenal dgn sebutan Slyper Si Pencuri, adalah tokoh antagonis yg selalu mengganggu Dora dalam petualangannya, yuniknya terkadang tokoh Rubah jahat ini menjadi teman petualang Dora. Dalam bisnis kita menyebutnya Pesaing Bisnis, terkadang Rubah Bisnis ini menjegal dibelakang & didepan namun adakalanya mereka menjadi inspirasi kita dalam berinovasi.

Soo..

Sudahkah kita menjadi Dora yg pantang menyerah & pembelajar...??

Adakah kita memiliki teman bisnis sesetia Boots...??

Adakah kita memiliki Ransel Portofolio dan Peta Bisnis, serta waspada atas keberadaan Rubah-rubah Bisnis disekitar kita...??



Demikian Adanya
~TheEnd~


Salam,
@ludwinardi | 313FE116


1 Komentar
image

Fri, 1 Mar 2013 @10:34

faridwajdi

Hihihi.... ada ada saja mase ini,,, kreatippp :D

Keepwriting, Masee...


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

SLINK

Komunitasku

Komunitas Blogger Bekasi

 

Visitors