Ciri dan Karakter Sukses

image

Dalam satu kesempatan disebuah milis, penulis mendapatkan postingan thread milis yang mempertanyakan arti definisi kesuksesan atau sukses.

Dan thread tersebut mendapatkan tanggapan beragam dari yang bernuansa guyon sampai bernuansa serius, tanggapan dari kacamata awam orang biasa sampai dengan kacamata seorang ahli serta praktisi dan luarbiasanya seluruh tanggapan itu sepertinya benar adanya -paling tidak dari kacamata orang awam seperti saya-.

Mungkin dalam kesempatan lainnya kedepan akan Saya paparkan sebuah buku inspiratif yang mengupas tuntas definisi sukses dalam satu bab tersendiri dengan mengkombinasi arti sukses dari sisi teologis agama dan arti sukses dari sisi keduniaan.

Nah...

Pada kesempatan ini akan Saya manfaatkan dengan mengkomentari thread teman milis saya itu terkait dengan arti sukses, namun tidak pada pemaparan definisi dimaksud melainkan pada bagian ciri dan karakter sukses.

Sukses yang kami maksud disini tentunya sukses dalam arti luas seluas-luasnya, adapun ciri dan karakter sukses versi suka-suka Saya adalah sebagai berikut:

1. Kokoh dan mantap hatinya

Musuh dari ciri dan kriteria sukses yang pertama ini adalah adanya penyakit hati berupa malas dan bosan, penyakit itu sangat umum terjangkit didalam setiap hati kita, baik kita seorang yang telah sukses ataupun kita yang calon orang sukses.

Saya memaknai kriteria ini dengan satu kata, yaitu sabar.

Yaa... Sabar atau kokoh dengan problem yg ada dan segera mencari solusinya, serta sabar dengan memantapkan hatinya terhadap masalah yang senantiasa berupaya mengkerdilkan cita-cita sukses kita.

2. Paling lapang dadanya

Ciri dan karakter berikutnya bilamana seseorang dikatakan sukses adlah bahwa seseorang tersebut sama sekali tidak memiliki sikap mutungan/putus asa ditengah ujian dan cobaan yang menerpanya.

Sepintas ciri dan karakter pertama dan kedua memiliki kesamaan arti dan penjelasan, namun pada butir kedua ini lebih pada pemaknaan sifat syukur dan ikhlas.

Syukur seseorang dalam menghadapi capaian-capaian suksesnya, namun makna syukur juga tidak serta merta bermakna cepat berpuas diri sebelum target dan tujuan utamanya diraih.

Pemaknaan ikhlas pada butir kedua ciri dan karakter seseorang dikatakan sukses adalah dilihat dari proses ikhlas yang mengiringi petualangan suksesnya seseorang, proses ikhlas diawal, ditengah dan diakhir.

Termasuk makna disini adalah dimana orang sukses itu adalah orang yang paling dermawan, paling banyak memberi dan paling lapang membantu.

3.Banyak Bekerja

Yap... Ciri dan karakter yang satu ini tidak perlu penjabaran penjelasan panjang lebar karena tidak ada ceritanya orang sukses yang hanya menunggu tanpa bergerak untuk bekerja mengejar kesuksesannya.

Seseorang yang sukses tidak hanya memiliki pekerjaan tetap yang menjadi rutinitasnya, tapi mereka juga tetap dan akan terus banyak bekerja untuk menggapai capaian-capaian suksesnya.

4. Punya Perencanaan


Perencanaan merupakan pondasi awal dan peta petunjuk (road map) bagi seseorang untuk mencapai tangga suksesnya.

Pada butir inilah seseorang itu merencanakan strategi suksesnya dan juga merencanakan/memprediksi kelemahan-kelemahannya sebagai langkah antisipasi meminimalisir kegagalannya.

Dan pada titik ini pulak sinergi antara ciri dan karakter butir tiga dan butir empat beririsan, dengan mencatat/merencanakan apa yg akan kita kerjakan serta secepatnya mengerjakan apa yang telah direncanakan.

 


Salam Sukses dan Berkah Berkelimpahan,
@ludwinardi | 313FE116
www.ludwinardi.com

 

**Sumber Gambar: marcandangel.com


2 Komentar
image

Sun, 10 Mar 2013 @19:10

faridwajdi

Banyak berbagi dan banyak berdoa, mase. Penting juga nih.... hehe...

image

Mon, 11 Mar 2013 @08:17

Ludwi Winardi

#Noted.... :D
Haturnuhun Kang Parid... *Cemungud...


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 5+5+2

SLINK

Komunitasku

Komunitas Blogger Bekasi

 

Visitors