Pengemis Buta

image

 

 

Dikisahkan pada suatu masa disudut kota dalam pagi yang cerah nan indahnya, seseorang berkacamata hitam memegang sebilah tongkat duduk bersila didepan sebuah kotak kaleng membelakangi sebuah gedung yang megah...

 

Bersandar di kotak kalengnya sebuah lembaran karton putih yang terlihat kusut bertuliskan... "Kasihanilah Saya Yang Buta Ini, Berilah Sedikit Sedekahmu" tertulis dgn tulisan tampak tak rapi.

 

Ah... Ternyata seorang pengemis buta..

 

Lama kiranya pengemis buta itu duduk mengharapkan rejeki berupa sedekah dari para lalu lalang yang semakin siang semakin ramai lewat didepan pengemis buta itu.

 

Namun apa nyana, ternyata keramaian para lalu lalang itu tidak berbanding lurus dengan 'rejeki' sedekah yang dia dapatkan selama beberapa hari itu, sampai pada suatu ketika muncul seorang muda yang tampak percaya diri datang menghampiri pengemis itu dan mematung dihadapan pengemis buta itu seraya matanya yang tersembul dari balik kaca mata hitamnya melirik tulisan pada kotak kaleng kosong sedekah dan membacanya:

 

"Kasihanilah Saya yang Buta Ini, Berilah Sedikit Sedekahmu"...

 

Setelah usai membacanya, lantas pemuda klimis nan perlente tersebut tersenyum sinis memandang si Pengemis Buta, sambil tangannya merogoh pulpen pada saku kemejanya.

 

Ternyata pulpen itu dipergunakan untuk menuliskan sesuatu di kertas kosong dan meletakkannya dimuka kaleng kosong sedekah si Pengemis Buta itu menggantikan tulisan yang tak rapi diatas kertas putih kusut yang ditulis sendiri oleh si Pengemis Buta sebelumnya.

 

Ajaibnya dalam selang waktu yang tidak cukup lama setelah pemuda tersebut menggantikan tulisan dimuka kaleng sedekah tadi, kaleng sedekah si Pengemis Buta itu bak ditimpa durian runtuh mendapatkan banyak kemurahan hati orang-orang yang melintasi didepannya.

 

Dan sejak itu, 'rejeki' sedekah yang didapat oleh Pengemis Buta itu tiada putusnya dengan tanpa tau sebab musabab semakin bertambahnya kotak kaleng sedekah milik pengemis buta tersebut.

 

Lantas apa yang telah dilakukan oleh pemuda kelimis nan perlente itu sehingga menyebabkan mengalirnya sumbangan sedekah kepada si pengemis buta itu?? Apa yang ditulisnya pada kertas putih tadi??

 

Ternyata pemuda yang percaya diri itu 'hanya' merubah redaksi tulisan:

 

"Kasihanilah Saya yang buta Ini, berilah sedikit sedekahmu"

 

yang sebelum yang ditulis oleh pengemis buta tersebut menjadi bertuliskan:

 

"Hari ini langit pasti begitu cerah, namun sayangnya saya tidak dapat melihatnya....."

 

**********

 

Sebagai mahluk ciptaan-Nya yang berakal, selalu saja ada hal yang dapat dijadikan pelajaran dan menjadikannya sebagai cermin kehidupan bagi kita, seperti halnya cerita diatas.

 

Bagaima sikap si Pengemis Buta yang pesimis terhadap cobaan hidup menyebabkannya dijauhi dunia, namun bila sebaliknya ketika ia bersikap optimis maka duniapun mendekat kepadanya.

 

Nah, simbol tulisan diatas kertas pada kisah tersebut juga menandakan bahwa sikap optimis/pesimis tidak hanya berlaku secara fisik saja, namun kemudian bagaimana kita mengkondisikan fikiran optimis kita sehingga lintasan fikiran yang optimis dan positif tersebut dapat menjelma menjadi tindakan dan seterusnya menjadi karakter kita.

 

Sudahkah kita menjadi manusia optimis hari ini dengan senantiasa berpikir positif terhadap sesuatu hal, hatta sesuatu yang kita anggap tidak baik sekalipun bagi kita??

 

 

DemikianAdanya

~TheEnd~

 

Salam Optimis!!

@ludwinardi | 313FE116

www.ludwinardi.com

 

-Sumber Gambar: asburyandasbury.typepad.com

-Terinspirasi dari video materi sebuah seminar motivati

 


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

SLINK

Komunitasku

Komunitas Blogger Bekasi

 

Visitors