Merespon Kebaikan

image

 

 

Kebaikan dalam perkataan membentuk kepercayaan diri;

Kebaikan dalam berpikir melahirkan kedalaman dan kebijaksanaan;

Kebaikan dalam memberi menciptakan cinta

-Lou Tzu-

 

 

 

Ketika bicara tentang amal sholeh, maka pengertian yang mungkin akan muncul tentang amal sholeh adalah sebagai aktivitas-aktivitas kebaikan yang dilakukan oleh seorang manusia, tentunya aktivitas yang dimaksud disini adalah aktivitas yang menimbulkan perasaan tenang dalam hati orang yang melakukannya.

 

Ya... segala aktivitas kebaikan yang menjadikan hati kita menjadi tenang inilah yang kemudian jamak disebut sebagai amal sholeh.

 

Dan tiada contoh paripurna dalam hal mengerjakan amal sholeh ini selain contoh tauladan dari para sahabat disekeliling Nabi Yang Mulia. Mereka berlomba-lomba merespon kebaikan dengan begitu dashyatnya, ada yang meresponnya dengan tenaganya, hartanya bahkan tidak jarang sampai mengorbankan nyawanya.

 

Pada intinya contoh tauladan paripurna dari para sahabat yang diberkahi Allah itu mengajarkan begitu pentingnya bagi kita untuk merespon kebaikan yang ada disekitar kita sekecil apapun itu bentuknya.

 

Contoh tersebut juga mengajarkan kepada kita bahwa dalam merespon kebaikan itu tidak mesti harus menunggu kita mampu secara ekonomi, hidup mapan berkelimpahan, namun lebih dari itu, sebagai apapun kita dan dalam kondisi apapun kita manakala terdapat kesempatan berbuat untuk merespon kebaikan maka lakukanlah, dan yakinlah ganjaran yang senantiasa dijanjikan oleh Allah Tuhan Semesta Alam.

 

Nah....

Dalam rangka menjadikan respon kebaikan kita bernilai dan tidak sia-sia, terdapat rumus yang harus dipenuhi, yaitu respon kebaikan itu senantiasa disertai dengan niat yang baik dan lurus semata-mata berbuat kebaikan karena Allah Tuhan Penguasa Hati, karena suatu aktivitas dan respon kebaikan manakala tidak disertai dengan niat baik maka sia-sialah amalan tersebut.

 

Rumus berikutnya adalah bahwa segala respon yang bermuara kepada kebaikan memerlukan cara yang benar sesuai tuntunan sehingga dapat bernilai bagi pelakunya.

 

Kita semestinya yakin seyakin-yakinnya bahwa segala respon atas kebaikan akan senantiasa bernilai bagi para pelakunya, bila disertai dengan niat yang lurus dan dilakukan dengan cara yang benar.

 

Yuk mari kita cari peluang kebaikan itu disekeliling kita dan segera meresponnya dengan niat lurus dan cara yang benar....

 

 

Salam Semangat, 
@ludwinardi | WA 0888 0831 6579
http://ludwinardi.com


#Ilustrasi: drbillwooten.com


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Tema Wadah Ide
Ide Teranyar
Filling Ide
Ide yang Dikomentari
SLINK

Komunitasku

Komunitas Blogger Bekasi

 

Visitors