Menjadi Kaya

image

Setiap kita pasti menginginkan kaya dan hidup sejahtera, bahkan agamapun mendorong setiap manusia untuk menjadi kaya, karena pada dasarnya tangan diatas lebih baik daripada tangan dibawah. Disinilah konsep memberi, infaq dan sedekah menemukan titik temu sejelas-jelasnya dalam tataran aplikatif.

 

Lantas kemudian muncul pertanyaan lebih lanjut tentang bagaimana untuk menjadi kaya??

 

Akan banyak muncul jawaban dengan berbagai versinya masing-masing berdasar pengalaman diri sendiri, pengalaman teman maupun pengalaman seorang tokoh atau public figure.

 

Berdasar pengamatan, seseorang dapat menjadi kaya paling tidak melalui tiga cara, yaitu menjadi kaya karena atas sesuatu yang diusahakannya, menjadi kaya karena warisan dan menjadi kaya karena meniti karier.

 

#1 Menjadi Kaya Karena Sesuatu yang Diusahakan

Banyak contoh tauladan yang dapat kita jadikan cermin pembelajaran dalam hal kaitannya rumus menjadi kaya karena suatu yang diusahakan.

 

Orang-orang pada golongan ini termasuk pada golongan fighter a.k.a pejuang yang memulainya dari titik terendah bahkan minus sampai akhirnya mereka dapat menikmati jerih payah perjuangannya. Mereka cenderung memiliki nafas perjuangan yang panjang dan memiliki ketahanan lebih diatas tidak menentunya kondisi persaingan diantara sesamanya.

 

Setiap individu manusia pada level ini memiliki kesempatan yang sama yang berbanding lurus dengan apa yang ia usahakan dan perjuangkan, semakin gigih berjuang menaklukkan hambatan yang ada semakin besar kemungkinan ia menjadi kaya.

 

Mereka berjuang meningkatkan taraf hidupnya karena kondisi yang mendesak mereka untuk segera bertindak, selain itu ada juga sebagian mereka yang justru dengan sengaja menciptakan kondisi ini sehingga dengan sadar dan perhitungan mereka melakukan perjuangan menjadi kaya dan berkelimpahan.

 

Para pelaku golongan ini biasanya menjadi inspirasi bagi orang lain untuk mengikuti jejak suksesnya menjadi kaya, sehingga selain kaya orang-orang pada golongan ini dapat mengayakan orang lain.

 

Kreativitas menjadi kunci utama bagi para pelaku dalam kelompok golongan ini, semakin kreatif maka semakin diterima dan sukses hingga pada akhirnya akan bertambah pundi-pundi kekayaannya.

 

#2 Menjadi Kaya Karena Warisan

Merupakan suatu kondisi 'given' yang sudah ada tanpa kita minta dan perjuangkan sekalipun, karena sifatnya yang seperti itu maka tidak semua orang memiliki kesempatan menjadi kaya melalui jalur ini, hanya orang tertentu yang memiliki nasab keturunan kaya sahaja yang sangat beruntung mendapatkannya.

 

Medan perjuangan yang harus dilalui pelaku pada golongan ini tentunya akan berbeda dengan pelaku pada golongan pertama, bila mentalnya tidak dipersiapkan sejak dini maka pada awalnya mereka dalam golongan ini bukanlah seorang pejuang namun lebih sebagai penikmat dalam zona kenyamanannya, sehingga bila tidak hati-hati dan waspada mereka cenderung akan gugur ditengah jalan.

 

Karena umumnya selalu dikelilingi oleh fasilitas dan kekayaan yang dimiliki orang tuanya, para pelaku pada golongan ini biasanya terlambat disadarkan oleh keadaan, kecuali memang proses penurunan kekayaan ini sudah dipersiapkan sebelumnya.

 

Mereka adalah generasi selanjutnya setelah generasi pejuang yang memperjuangkan kondisinya dari titik nol, mereka juga terkenal sebagai generasi penikmat bahkan tidak jarang mereka menjadi generasi penghancur bangunan kesuksesan yang menjadi sumber pundi kekayaannya.

 

#3 Menjadi Kaya dengan Meniti Karier

Seperti halnya pada golongan pertama, kelompok orang pada golongan ini juga memiliki nafas perjuangan panjang, namun bedanya kondisi persaingan yang ada relatif tidak terlalu berfluktuatif.

 

Mereka juga berjuang dari titik terendah, menapaki tangga suksesnya sebagai pengumpul pundi kekayaannya dengan persaingan yang relatif homogen.

 

Setiap orang dalam golongan ini memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi kaya dan berbanding lurus dengan usaha karier yang diperjuangkannya, namun hanya segelintir saja yang dapat menikmati keberhasilan mengumpulkan pundi-pundi kekayaannya yaitu mereka yang dalam posisi top leader dan penentu kebijakan.

 

Faktor prestasi yang 'excellent' dan luar biasa menjadi pendorong keberhasilan bagi mereka para pelaku dalam golongan ini. Pada umumnya jalan menjadi kaya dalam kelompok ini sudah terpola sebelumnya dan biasanya jalan yang ditempuh oleh seseorang pada golongan ini akan sama satu dengan lainnya.

 

So.... 
Sudahkan kita menjadi kaya hari ini?? atau...
Sudahkah kita menentukan jalan kita untuk menjadi kaya?


Let's get rich people...!!

 

Salam Kaya dan Mengayakan, 
@ludwinardi | WA 0888 0831 6579
http://ludwinardi.com

 

#Ilustrasi: empowernetwork.com-


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Tema Wadah Ide
Ide Teranyar
Filling Ide
Ide yang Dikomentari
SLINK

Komunitasku

Komunitas Blogger Bekasi

 

Visitors