Sinergitas Respon Amal Kebaikan

image

 

Beberapa waktu lalu saya pernah memposting artikel 'Merespon Kebaikan' yang berisi ajakan berbuat amal sholeh dan senantiasa merespon dengan cepat sebuah aktivitas kebaikan apapun bentuknya dengan niat baik dan cara yang benar.


Pada kali kesempatan ini saya mencoba melanjutkan kembali bahasan amal sholeh dalam konteks respon terhadap aktivitas kebaikan lebih lanjut...


Waktu lalu kita telah bersepakat bahwa respon terhadap aktivitas kebaikan dengan diawali dengan niat baik dan dilakukan dengan cara yang benar dapat memberikan nilai lebih pada para pelakunya.


Namun sepertinya respon terhadap aktivitas kebaikan ini akan lebih sempurna dan memiliki efek yang cukup signifikan ditengah umat manakala diorganisir dan disinergikan antara satu aktivitas kebaikan dengan aktivitas kebaikan lainnya.


Selain berdampak besar bagi perbaikan kualitas umat, sinergitas amal kebaikan ini juga tentunya memiliki power lebih kuat dan menguatkan manakala berhadapan pada musuhnya yang tidak menginginkan eksistensi atas respon kebaikan ini muncul kepermukaan.


Bahasa mudahnya dari sinergitas respon amal kebaikan ini adalah melakukan amal kebaikan bersama dimana satu amalan dengan lainnya saling melengkapi dan menguatkan.


Dapat dibayangkan seandainya sinergi amalan kebaikan ini menjadi kebiasaan dan kemudian menjadi budaya ditengah-tengah suatu umat, maka dapat dipastikan hal ini dapat mendorong kemajuan umat itu dan menutupi segala kekurangannya yang ada.


Tantangan atau lebih tepatnya halangan dalam menerapkan sinergi kebaikan ini adalah kepentingan, dimana dapat dipastikan bahwa kepentingan satu dengan lainnya akan berbeda ditataran pelaksanaannya.


Namun bila kita kembalikan kepada dua rumus yang sebelumnya kita diskusikan, seharusnya hambatan ini dapat diminimalisir, utamanya adalah rumus pertama yaitu niat yang baik.


Ya... kuncinya adalah bagaimana kita kemudian mendudukkan niat yang baik dan lurus yang sama diatas berbagai kepentingan yang ada, sudahkah kita?

 


Salam Sinergi,
@ludwinardi | PIN 313FE116 |
WA 0888 0831 6579
http://ludwinardi.com

 

#Ilustrasi: depositphotos.com


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Tema Wadah Ide
Ide Teranyar
Filling Ide
Ide yang Dikomentari
SLINK

Komunitasku

Komunitas Blogger Bekasi

 

Visitors