Sang Nabi Sang Saudagar

image

Dalam Ensiklopedia Muhammad Sebagai Pedagang, Afzalur Rahman memaparkan bahwa Muhammad tumbuh dewasa dibawah asuhan Abu Thalib dan terus belajar mengenai bisnis perdagangan dari pamannya ini. Dalam menggeluti profesinya sebagai pedagang, Nabi tak sekedar mencari nafkah yang halal guna memenuhi biaya hidup, tetapi juga untuk membangun reputasinya agar orang-orang kaya berdatangan dan mempercayakan dana mereka kepadanya.

 

Berbekal pengalamannya dalam berdagang dan reputasinya yang terkenal sebagai pedagang yang terpercaya dan jujur, beliau memperoleh banyak kesempatan, berdagang dengan modal orang lain, termasuk diantaranya modal dari seorang pengusaha kaya raya Khadijah, yang kelak menjadi istrinya, dengan mahar 20 ekor unta.

 

Rasulullah telah menjadi pedagang ideal yang sukses dan memberi petunjuk bagaimana menjadi ideal dan sukses. Beliau selalu memegang prinsip kejujuran dan keadilan dalam berhubungan dengan para pelanggan. Muhammad SAW selalu mengikuti prinsip-prinsip perdagangan yang adil dalam setiap transaksi. Beliau juga selalu menasehati para sahabatnya untuk melakukan hal serupa.

 

Ketika berkuasa dan menjadi kepala negara Madinah, beliau telah mengikis habis transaksi-transaksi dagang dari segala macam praktik yang mengandung unsur-unsur penipuan, riba, judi, ketidakpastian, keraguan, eksploitas, pengambilan untuk yang berlebihan dan pasar gelap. Nabi Muhammad juga melakukan standarisasi timbangan dan ukuran, serta melarang orang-orang mempergunakan standar timbangan dan ukuran yang lain yang kurang dapat dijadikan pegangan.

 

 

Salam Sukses Berkah...!!
@ludwinardi | BB 313FE116 | WA 0888 0831 6579
PH 0852 2614 9414 | http://ludwinardi.com


#Ilustrasi: internet


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Tema Wadah Ide
Ide Teranyar
Filling Ide
Ide yang Dikomentari
SLINK

Komunitasku

Komunitas Blogger Bekasi

 

Visitors