Tantangan Hidup

image


Konon kabarnya nelayan-nelayan di Jepang pernah menghadapi permasalahan terkait dengan hasil tangkapan ikannya di laut lepas.

 

Seperti umumnya diketahui bahwa masyarakat Jepang sangat hobby sekali dengan kuliner hasil laut yang fresh dan segar, bahkan mereka tidak asing dengan kuliner hasil laut yang masih berupa mentahan, ya... anda dapat bayangkan makanan hasil laut yang belum dimasak (mentahan) langsung dikonsumsi oleh orang-orang Jepang tanpa tedeng aling-aling... lep... langsung masuk ditelan oleh mereka bulat-bulat. Anda mungkin jijik, tapi tidak bagi mereka, bahkan enak dirasakan oleh mereka.

 

Disinilah permasalahannya, masyarakat Jepang menginginkan ikan yang fresh dan segar yang akan mereka telan bulat-bulat, namun para nelayan sayangnya tidak mampu memenuhinya karena hasil tangkapannya acap kali mati dalam penampungan sementaranya di kapal pada saat perjalanannya menuju daratan.

 

Sampai suatu waktu, tertangkaplah seekor ikan predator sebangsa hiu bersama ikan tangkapan nelayan dan keduanya ditempatkan dalam satu tempat penampungan yang sama di kapal yang menuju kedaratan.

 

Satu hal diluar perkiraan para nelayan adalah ternyata ketika sampai di darat, sebagian besar ikan hasil tangkapan nelayan dalam kondisi hidup dan segar. Belakangan diketahui bahwa penyebab dari tetap hidupnya ikan hasil tangkapan para nelayan tersebut adalah karena adanya ikan predator yang memburu ikan tangkapan nelayan tersebut dipenampungan sementara di kapal dalam perjalanannya menuju daratan.

 

Yaa... ikan-ikan hasil tangkapan nelayan tersebut bertahan hidup karena adanya ancaman akan dilahap dan diburu oleh ikan predator yang tidak sengaja tertangkap bersama ikan tangkapan nelayan tersebut.

 

Kawan...

 

Adakalanya terkadang diri ini berkeluh kesah dan meratapi secara berlebihan atas adanya cobaan dan ujian hidup yang datang menghampiri kita, padahal bisa jadi cobaan dan ujian itu adalah tantangan hidup yang mungkin akan menjadikan kita naik kelas, meningkatkan kualitas kita dan memberi arti tentang hidup dan kehidupan.

 

Seringkali kita banyak menggerutu dan berteriak dalam kegelapan, menangisi tanpa mencari solusi atas ujian dan cobaan hidup dihadapan kita. Padahal bila kita sedikit saja keluar dari kekhawatiran dan ketakutan yang ada dan menyalakan lilin penerangan dalam kegelapan cobaan hidup mungkin akan terlihat jalan setapak itu yang akan menuntun kita pada solusi permasalahan yang ada.

 

Kawan...

 

Bila kita sedikit merubah pikiran negatif kita atas permasalahan dan cobaan hidup tersebut serta menjadikannya semua itu sebagai sebuah tantangan hidup yang harus kita pecahkan dan cari solusinya, maka kita akan berkaca kepada kisah ikan tangkapan nelayan Jepang diatas.

 

Benar kawan...

 

Tantangan hidup adalah dinamisasi dalam kehidupan kita, kita hidup dan dapat bergerak menuju kearah yang lebih baik karena adanya tantangan hidup, karena adanya ujian dan cobaan itu. Tantangan itu memaksa kita untuk berpikir dan bertindak untuk mencari solusi bagaimana mengatasinya, tantangan itu membuat kita hidup, seperti tetap hidupnya ikan hasil tangkapan nelayan ditengah-tengah ancaman ikan predator tersebut dalam kisah diatas.

 

Jadi tiada yang salah ketika Sang Khalik memberikan cobaan dan ujian atau tantangan hidup itu, kita memang orang-orang pilihan yang Allah SWT telah pilih diantara sekian miliar manusia, karena Ia yakin kita mampu menyelesaikannya dan keluar darinya.

 

Katakan Yes I Can, kepada ujian dan cobaan...
Katakan kita bisa dan mampu menghadapinya...
Teriaklah dalam semangat dan optimisme...!!!

 

 

---
Salam Semangat Optimis...!!
@ludwinardi | BB 313FE116 | WA 0888 0831 6579
PH 0852 2614 9414 | http://ludwinardi.com

 

#Ilustrasi: Internet

 


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Tema Wadah Ide
Ide Teranyar
Filling Ide
Ide yang Dikomentari