Fokus dan Harmonisasi Gerak

image

Saya pernah berada dalam suatu perlombaan permainan yang cenderung banyak mengaplikasikan kerja-kerja tim, permainan ini sangat familiar dimasyarakat dan sangat populer karena biasanya menjadi salah satu agenda rutin yang diperlombakan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Bangsa tanggal 17 Agustus setiap tahunnya.

 

Siapa yang tidak mengenal lomba bakiak, ya... jenis perlombaan yang saya maksudkan pada paragraf sebelumnya adalah perlombaan sandal bakiak, sejenis lomba permainan dimana 4 atau 5 orang dalam satu tim yang memakai sandal bakiak secara bersamaan dalam satu sandal bakiak yang memanjang.

 

Keutuhan dan kekompakan sebagai hasil kerja tim sangat dibutuhkan pada perlombaan tersebut, bagaimana kemudian ketua tim memberikan arahan komando yang jelas dan tegas serta keras dapat memberikan irama bergerak serentak bersama secara harmoni dari ke-4 atau 5 anggotanya, gerakan yang selaras tersebutlah yang kemudian membangkitkan kekuatan besar untuk maju dalam langkah yang merentang panjang melampaui lawan-lawannya... kiri... kanan... kiri... kanan!

 

Namun selain kerja tim dalam menselaraskan gerak dalam satu irama yang harmoni, pengalaman mengikuti lomba bakiak yang pernah saya lalui waktu lalu memberikan pelajaran dan hikmah lainnya, ternyata disana juga dibutuhkan ke-fokus-an, dalam artian fokus pada tujuan dan fokus kepada tim kita.

 

Disitu kita harus memakai kacamata kuda kita untuk bergerak kedepan, tidak tengok kiri dan kanan, tidak melihat lawan dan kompetitor disamping, fokus untuk bergerak kedepan dan fokus pada harmoni tim yang selaras, maju terus mendekat pada garis finish sebagai tujuan akhirnya. Ketika harmoni gerak kaki sudah selaras, tinggal kita sekuat tenaga sekeras dan secepat mungkin serta fokus bergerak kedepan menuju tujuan akhir sehingga tercipta keberhasilan.

 

Pengalaman waktu lalu ketika mengikuti lomba bakiak dengan jumlah 4 orang dalam satu grup telah membuktikan bagaimana harmonisasi gerak dan keselarasan langkah dilengkapi dengan fokus menjadikan tim kami sebagai juara, padahal lawan-lawan kita adalah kelompok-kelompok orang yang secara postur tinggi besar serta memiliki langkah panjang.

 

Kemenangan kamipun baru kami ketahui setelah kami berempat menjatuhkan diri digaris finish secara bersama-sama dengan komando saya didepan, tekhnik menjatuhkan diri ini terinspirasi oleh film The Cars dimana Lighting Mc Queen sang tokoh menjulurkan lidahnya dikompetisi balap mobil yang ketat itu.

 

Dan epic potongan kisah heroiknya adalah ternyata tim kami sempat tertinggal jauh dari tim-tim lawan kami didepan, tertinggal mencapai jarak dua meteran, namun dengan langkah pasti bergerak harmoni dan selaras serta fokus kepada tujuan garis finish tanpa menghiraukan lawan, tim kami mampu menjadi sang pemenang dalam perlombaan. Ihwal sempat tertinggalnya tim kami inipun baru kami ketahui setelah usainya perlombaan, luar biasa bukan....!!

 

Yuk... kita jadikan tim kita lebih harmonis dan selaras dalam bergerak serta lebih fokus mencapai tujuan.

 

Salam Semangat Fokus!!
@ludwinardi | PH/WA 0852 261 49 414
http://ludwinardi.com

 

#Ilustrasi: Internet

Fri, 22 Nov 2013 @08:48


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Tema Wadah Ide
Ide Teranyar
Filling Ide
Ide yang Dikomentari
SLINK

Komunitasku

Komunitas Blogger Bekasi

 

Visitors