Bobok Siang Yuk!!

image

Ditempat saya bekerja sering kali saya mendapatkan teguran bahkan cibiran dari kolega-kolega saya karena kebiasaan saya yang kerap menyediakan waktu khusus pada jam-jam istirahat untuk sengaja merebahkan diri untuk tidur. Sampai-sampai kebiasaan ini dibandingkan dengan kebiasaan salah satu kolega saya yang tidak dapat tidur siang, bahkan pernah sampai pada kesimpulan (menurut perasaan saya) bahwa saya memiliki penyakit tertentu karena adanya kebiasaan itu.

 

Pernah sekali waktu karena kebiasaan itu menjadi bahan gunjingan dan menjadi bahan lawakan, ketika kebiasaan saya sempat terekam dalam bingkai foto dan tersebar ke seantro kantor melalui perantara media kokunikasi internal kantor.

 

Wuihhh... sempat kaget saya ketika itu, kaget karena gak menyangka sampai ruame seperti itu menjadi perbincangan seseantro jagad kantor, walaupun efeknya memanas sebentar saja tapi syukurnya peristiwa itu menjadikan saya memiliki teman seperjuangan lain yang memiliki kebiasaan sama namun selama ini beraktifitas dibawah tanah melakukannya dalam sunyi.

 

Namun seperti bebal, lantas saya tidak surut untuk menanggalkan kebiasaan saya itu, karena bukan apa, justru dengan melakukan kebiasaan itu secara rutin setiap harinya dalam kurun waktu tidak lebih dari 30 menit saya merasakan sesuatu yang berbeda, secara fisik dan fikiran saya merasakan lebih fresh dan lebih bersemangat, bahkan kondisi fresh tersebut masih terasa ketika malam menjelang dimana aktivitas saya banyak dirumah dan bersosialisasi dengan teman dilingkungan, paling tidak dapat meredam rasa lelah selepas beraktivitas kerja.

 

Heii... tapi ini bukan tentang saya dan kebiasaan saya mentemen... tapi ini tentang bagaimana kebiasaan tidur siang itu memberi manfaat yang cukup terasa bagi saya, dan itu nyata-nyatanya saya rasakan. Penjelasan berikut nanti mungkin dapat mewakili perasaan dan tanda tanya dalam hati mengenai kebiasaan tidur siang dimaksud.

 

Menurut Andrei Medvedev, PhD, walau cuma sejenak, saat tidur siang terjadi banyak hal di otak. Peneliti dari Georgetown University itu pernah meriset manfaat tidur siang pada 15 partisipan. Para partisipan itu diminta memakai semacam topi yang dipasangi kabel optik, kemudian para peneliti mencoba mengetahui aktivitas yang terjadi di otak ketika para partisipan tertidur siang selama 8 menit. 

 

Dan ternyata hasilnya cukup mengejutkan dimana Madvedev menemukan bahwa bagian otak kanan manusia lebih aktif bekerja. Seperti diketahui pada orang yang banyak menggunakan tangan kanannya, maka otak kirinya akan lebih aktif. Tapi saat tidur siang ternyata otak bagian kanan menjadi lebih aktif. Hal itu terlihat pada orang yang kidal atau pun tidak.

 

Penelitian itu juga membuktikan bahwa ternyata saat kita tidur siang atau pun kondisi rileks lain seperti meditasi, otak kita tetap aktif namun di bagian yang berbeda dengan cara yang unik.

 

Lantas apa yang dilakukan otak kanan ketika tubuh kita terlelap di waktu siang?

 

Bahwa pada saat tidur siang, otak kanan kita beraktivitas melakukan berbagai perawatan kognitif seperti mengorganisasi dan memproses informasi, atau dengan kata lain, tidur siang dapat membantu meningkatkan daya ingat.

 

Selain itu, tidur siang juga bisa meningkatkan kreativitas. Beberapa seniman dan ilmuwan juga kerap mendapatkan ide-ide segar setelah bangun dari tidur siang. 

 

Dalam kesempatan lain, Robert Stickgold, PhD, seorang direktur Harvard Center for Sleep and Cognition, menyatakan bahwa tidur siang juga bisa melindungi sirkuit otak dipakai berlebihan, selain manfaat lainnya yang dapat mengumpulkan informasi yang baru dipelajari. 

 

Ada pendapat lain juga yang menyebutkan bahwa saat tidur siang hormon stres akan turun secara signifikan, sehingga secara langsung aktivitas kebiasaan tidur siang dapat meredakan stres yang jamak melanda kebanyakan warga ibukota.

 

Jadi, mulailah meluangkan waktu sejenak sebelum atau setelah makan siang untuk terlelap barang sesaat.

 

------
Salam Semangat!!
@ludwinardi | WA/HP 0852 261 49 414
http://ludwinardi.com

 

#ilustrasi: internet

 


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Tema Wadah Ide
Ide Teranyar
Filling Ide
Ide yang Dikomentari
SLINK

Komunitasku

Komunitas Blogger Bekasi

 

Visitors