Ciri Pemimpin: Ilmu dan Performa

image

 

Ketika Allah menjadikan Talut sebagai seorang raja bagi kaumnya, orang-orang bertanya mengapa dia yang menjadi raja, padahal tidak memiliki harta kekayaan yang banyak dan berlimpah.

 

Sementara diantara mereka masih banyak yang dianggap pantas untuk menjalankan kekuasaan karena mempunyai harta benda yang lebih banyak.

 

Akan tetapi, Allah menganugerahkan kekuasaan itu kepada orang-orang yang Dia kehendaki, demikian pula Dia akan mencabut kekuasaan dari seseorang yang dikehendaki pula, sebagaimana yang ditegaskan pada surat Ali Imran 3 ayat 26.

 

Katakanlah: "Wahai Tuhan Yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.

 

Oleh sebab itu, Allah memilih Talut untuk memimpin kaumnya dan mempertahankan mereka dari ancaman jalut dan tentaranya.

 

Allah memberikan anugerah kepadanya dengan wawasan dan pengetahuan tentang kepemimpinan yang luas dan badan serta penampilan yang mengagumkan.

 

Dalam hal ini, ada dua kelebihan yang dimiliki Talut, yaitu menguasai ilmu kepemimpinan dan performanya yang mumpuni, kedua hal itu lebih utama dibandingkan kaumnya yang sekedar berlimpah harta.

 

--------

Salam Semangat!!

@ludwinardi | WA/PH 0852 2614 9414 
http://ludwinardi.com

 

**Seperti disadur dari footnote terjemahan Al-Qur'an
#ilustrasi: internet (http://thelawster.com)


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 4+3+0

SLINK

Komunitasku

Komunitas Blogger Bekasi

 

Visitors