Morning Briefing

image

 

Tidak biasanya pagi ini saya mendapatkan pesan yang diteruskan melalui jaringan internal diinstitusi tempat saya bekerja, yang menjadi tidak biasa adalah bahwa kebiasan ini sangat jarang atau bahkan tidak pernah saya dapatkan sepanjang pengalaman saya berkarir diinstitusi ini.


Saya tidak akan membahas isi pengarahan tersebut namun lebih melihat dari budaya komunikasi antara pimpinan dengan orang yang dipimpinnya yang tidak dipungkiri mungkin bahwa sudah ada sarana komunikasi internal sebelumnya namun penulis perpendapat masih terlalu formal dan terkesan ada jarak antara pimpinan dan orang yang dipimpinnya.  


Pengarahan yang dalam bahasa Inggrisnya diartikan sebagai briefing, direction, instruction dan guideline merupakan 'usaha pemberian petunjuk atau pedoman untuk pelaksanaan suatu kegiatan', atau sederhananya morning briefing  dapat diartikan sebagai pengarahan pagi secara singkat sebagai petunjuk atau pedoman dari pimpinan kepada orang yang dipimpinnya untuk melaksanakan suatu kegiatan.


Terdapat beragam macam pengarahan yang dilakukan suatu intitusi dalam rangka menanamkan coorporate value-nya kepada para pelaku kegiatan didalam institusi tersebut. Sebut saja institusi militer yang terkenal sebagai institusi paling solid diindonesia, salah satu upaya menanamkan nilai-nilai institusinya adalah dengan melakukan apel pagi disetiap level pimpinan yang diikuti oleh seluruh lapisan pegawainya.


Institusi perusahan swasta tidak luput dari budaya positif ini, lihat saja bagaimana bank-bank besar yang berskala nasional dimana setiap memulai aktivitas paginya diwajibkan untuk melakukan briefing dari pimpinanannya kepada orang yang dipimpinnya bahkan briefing ini juga mengikutsertakan para bapak-bapak satpam di front gate kantornya. 


Bahkan, sepengetahuan penulis, ada salah satu institusi bisnis terbesar didunia yang melakukan pengarahaan  dalam gaya yang unik dimana setiap akan memasuki areal institusinya diwajibkan bagi para pegawainya untuk membaca dan meresapi arahan dan nilai institusinya yang sengaja tertulis pada pintu masuk institusinya.


Menurut Penulis, paling tidak terdapat beberapa keuntungan dan nilai positif yang didapat bagi sebuah institusi yang secara kontinu menerapkan budaya ini pada setiap level pimpinannya dengan berbagai sarana yang ada, diantaranya adalah:


Akibat 1: Bak kapten kapal besar di lautan lepas, pengarahan singkat yang masif dan kontinu oleh pimpinan dilevel top organisasi dapat memberikan petunjuk dan arah yang harus ditempuh oleh para pegawai dilevel bawahnya. Ketika sang kapten meneropong lautan dan ternyata didepan kapal besar tersebut terdapat sebuah bongkahan es yang besar, maka para anak buah kapal yang bekerja pada lambung kapal yang (tentunya) tidak akan dapat melihat marabahaya itu akan segera mempersiapkan diri untuk menghadapinya, sehingga kejadian tertubruknya kapal Titanic pada bongkahan es yang melulutantahkan kedigdayaan ide modernitas terkubur habis ditengah lautan lepas tidak akan menghinggapi sebuah institusi besar.


Akibat 2: Arahan singkat positif yang terus menerus dapat secara langsung menguatkan dan mensolidkan semangat para pegawai dilevel terbawah sekalipun, karena dengan adanya arahan masif tersebut para pegawai level terbawah dan para pimpinan organisasi dapat menghadapi isu-isu yang berkembang yang dapat menggiring instisusi kepada kehancuran dalam satu suara, sehingga dapat merawat militansi para pegawainya dan dapat langsung segera bertindak merapatkan barisan ketika marabahaya menghadang menghalangi laju organisasi menuju tujuannya. 


-----


Tentunya akan ada lebih dari dua akibat efek positif bagi sebuah institusi bila secara masif dan kontinu meniupkan nilai dan wejangan positif kepada seluruh anggotanya, namun perlu juga diperhatikan thinktank yang seharusnya ada berada dibelakang dan disekitar sang pimpinan institusi. Karena sesungguhnya seorang pimpinan institusi yang kuat dan berwibawa terlahir karena lingkungan sekitarnya yang membentuknya. 



-----
Salam Semangat!!!
@ludwinardi | WA/HP 0852 261 49 414
http://ludwinardi.com

 

Gambar: Dokumen Pribadi


 


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 4+9+7

SLINK

Komunitasku

Komunitas Blogger Bekasi

 

Visitors