Dua Proses Pembelajaran

image

Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi ulul albab"

(QS.Ali Imran, 3: 190)

 

 

Pembelajaran adalah suatu hal yang secara terus menerus kita lakukan dalam menjalani kehidupan kita di dunia.

 

Pembelajaran bahkan menjadi suatu hal yang wajib bagi kita guna menjadi pedoman bagi solusi dari permasalahan yang mungkin akan kita temui kedepannya.

 

Nah... proses pembelajaran itu sendiri ada yang secara formal didapatkan dari balik meja di kelas-kelas sebuah institusi atau lembaga pembelajaran yang notabene berbayar, ada pula pembelajaran yang dapat kita peroleh secara non-formal dari universitas kehidupan yang universal dan dapat kita temui kapan saja setiap waktu secara gratis tis tis.

 

Adalah biasa ketika kita berbicara tentang pembelajaran formal yang kita dapatkan dibangku sebuah institusi dan lembaga yang memang didirikan untuk memenuhi itu.

 

Semuanya standart dan telah ditentukan serta lingkup aspeknya terbatas; jenis dan model kurikulumnya, waktu dan bentuk proses pembelajarannya dan seterusnya yang sudah digariskan baik oleh pemerintah maupun lembaga terkait.

 

Walaupun terdapat satu dua kurang lebihnya, namun dinamika proses pada institusi formal sangat berbeda dengan yang terjadi pada proses dalam lingkup non-formal.

 

Lingkup non-formal dalam universitas kehidupan yang universal memiliki kurikulum yang tidak berbatas, baik waktu maupun materi ajarannya, karena setiap apapun yang kita temui merupakan materi kurikulum pembelajarannya dalan kondisi positif baik maupun sebaliknya. 

 

Model pembelajarannyapun tidak tersekat ruang tertentu, karena ruang kelas dalam universitas kehidupan yang universal sangat luas, seluas bentangan atap langit diatas dan sejauh mata memandang keseluruh penjuru mata angin.

 

Objek penelitian dalam proses pembelajaran di universitas kehidupan yang universal sangat beragam, dari benda mati tak bergerak yang seakan tak berguna sampai pada setiap mahluk hidup yang sering atau jarang kita temui dalam perjalanan hidup kita.

 

Namun kita akui bahwa baik secara formal atau non-formal, dua dua proses pembelajaran itu penting dan dibutuhkan. Salah satunya tidak menafikan yang lainnya, karena keduanya adalah saling melengkapi satu dan lainnya secara sempurna.

 

Satu merupakan materi berdasarkan textbook, satu lainnya adalah dengan perenungan dan pemaknaan mendalam serta pencarian solusi sebagai aplikasi materi dalam lembaran-lembaran textbook.

 

Satu (seharusnya) ada dipenuhi oleh pemerintah atau lembaga terkait, satu lainnya sudah ada tersedia oleh kebesaran-Nya bahkan sebelum kita hadir ke dunia sekalipun. 

 

Keduanya sudah ada, tinggal bagaimana kemudian kita pandai-pandai meraciknya untuk bekal kehidupan kita.

 

Pada akhirnya saya harus berucap kepada kita semua dengan ucapan... "Selamat Meracik...!!"

 

 

----
Salam Semangat!!
@ludwinardi | WA/PH 0852 2614 9414
http://ludwinardi.com

 

Ilustrasi: Internet


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 7+1+6

SLINK

Komunitasku

Komunitas Blogger Bekasi

 

Visitors