Outbond Dan Filosofi Jari Tangan

image


Waktu lalu institusi tempat saya biasa nyangkul setiap harinya mengadakan apa yang biasa dinamakan outbond, namun kegiatan tersebut ditempat kami diistilahkan dengan sebutan Internalisasi Coorporate Value (ICV).

 

Diselenggarakan didaerah dingin di area Gunung Bunder dikaki Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat, kegiatan refreshing bagi para pegawai dilingkungan kantor kami itu menjadi begitu berkesan karena turut pula dihadiri secara penuh dua hari satu malam oleh unsur petinggi kantor, bahkan para Bapak Ibu tersebut ikut terlibat diseluruh agenda kegiatan yang dijadwalkan baik didalam maupun diluar ruangan.

 

Dengan mengusung tema besar kegiatan seputar teamwork building diantara personil, kegiatan outbond diselenggarakan dengan mengundang pelatih lapangan dari kalangan militer, sehingga nuansa kegiatan yang ada penuh dengan agenda lapangan bernuansa semi militer yang mengedepankan faktor kedisiplinan... Seru bukan..!!!

 

Dan kemudian, perhatian saya lantas terfokus pada perenungan makna simbol/gambar background yang dipergunakan oleh panitia pada agenda kegiatan outbond tersebut dalam kaitannya dengan tema teamwork dan kedisiplinan yang menjadi ruh besar kegiatan.

 

Adapun simbol yang dipergunakan adalah berupa sekumpulan tangan berwarna-warni yang menampakkan keseluruhan jari tangan sampai dengan batas pergelangan tangan dan membentuk seperti sebuah lingkaran.

 

Perenungan saya menjadi mendalam ketika berusaha memaknai simbol acara outbond tersebut dalam kaitannya teamwork building sebagai tema besar kegiatan.

 

Ya... tangan kita ini memiliki lima jari yang singmasing memiliki karakter khas yang berbeda, baik penampakan fisiknya maupun simbol perlambangannya.

 

Ada si jempol yang bantek dan gempal yang selalu dipergunakan untuk perlambang mengapresiasi segala sesuatu secara positif. Adapula si telunjuk yang tampak langsing yang biasa digunakan sebagai perlambang untuk menunjukkan sesuatu hal sebagai bentuk perintah atau komando.

 

Diujung lain jari kita ada bersemayam si kelingking, si kecil imut yang dengan kemampuannya yang terbatas namun memiliki perlambang sebagai simbol persahabatan. Dan si jari manis yang menjadi tetangga si kelingking sebagai perlambang karakter ideal yang selalu mendapat apresiasi berupa tempat melingkarnya cincin si empunya tangan.

 

Selain itu ada si jari tengah yang tampak menjulang tinggi ditengah-tengah kumpulan jari yang ada sebagai perlambang penyeimbang dan penengah diantara dua kubu jari, jari tengahlah sebagai unsur yang kemudian dapat mempertemukan kepentingan dua kubu jari yang ada.

 

Nah... mentemen...

Filosofi jari tersebut ternyata sejalan dengan nafas semangat membangun sebuah teamwork yang solid dan kuat dalam institusi kami dan mungkin juga berlaku bagi organisasi dan institusi lainnya yang memiliki tujuan untuk maju menggapai target-targetnya.

 

Sangat jamak kita ketahui bahwa dalam satu institusi/organisasi tertentu, setiap anggota team memiliki beragam latar belakang dan kemampuan yang berbeda satu dengan lainnya, seperti halnya jari tangan diatas, namun keberagaman tersebut bukan menjadi halangan untuk membentuk teamwork yang solid dan kuat bukan??

 

Kita lihat bagaimana kordinasi dan kerja teamwork yang mengagumkan dari sebuah tangan, dengan kondisi jari yang beragam tersebut sebuah tangan dapat melakukan kerja-kerja produkti mengambil, mengangkat, meraih dan hal-hal positif lainnya. Begitupun sebuah tangan dapat pula melakukan hal semisal meninju, memukul dan menggampar lawan atau keadaan yang berusaha menghalangi mencapaian tujuan tertentu.

 

Namun terlepas dari itu semua, maka hal yang tidak kalah pentingnya kemudian adalah keberadaan sang kordinator yang mengkordinir gerakan jari tangan itu untuk bekerja. Pada titik inilah diperlukan pemimpin berkualitas yang mampu mengkordinasi dan meracik keberagaman latar belakang dan kemampuan anggota team guna mencapai tujuan-tujuannya dimasa yang akan datang.

 

Jadi mentemen...
Sudahkah saat ini team kita terbangun dengan solid dan kuat?
Mari kita bercermin kepada diri kita dan para pemimpin kita....

 

 

----
Salam Semangat!!
@ludwinardi | WA/PH 0852 2614 9414 
http://ludwinardi.com

 

Ilustrasi: dokumen pribadi

 


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 2+2+9

SLINK

Komunitasku

Komunitas Blogger Bekasi

 

Visitors