Pohon Pinus dan Pohon Perdu

image

Ketika berkesempatan mengikuti kegiatan outbond disebuah kaki gunung yang dingin di daerah Bogor Jawa Barat beberapa waktu lalu, banyak hal hikmah dan pelajaran yang dapat saya petik didalamnya, baik hikmah yang tampak tersurat maupun tersirat disepanjang pelaksanaan kegiatan.

 

Dan salah satu hikmah pelajaran pertama kali yang tersirat yang saya dapatkan adalah melalui keberadaan pohon pinus dan pohon perdu yang menyambut kami pada kali pertama memasuki areal kegiatan.

 

Pohon pinus yang menjulang jauh nan tinggi itu tampak tidak memiliki manfaat dan kegunaan seperti layaknya pepohonan perdu yang berada menyebar dibawah sekitarannya. Pepohonan perdu yang berada dibawahnya tampak mencolok dengan beragam warna warni yang sebagian diantaranya mengeluarkan aroma semerbak yang melingkupi sekelilingnya.

 

Begitulah adanya tanaman perdu, mereka tidak tinggi menjulang namun memiliki banyak manfaat yang dapat dirasa oleh sekitarnya, warna-warninya yang memikat mata; harumnya yang mengaroma hidung; dan manis hasil buahnya yang dirasa lidah. Walaupun tidak memberi manfaat sepanjang musim waktu, namun banyak manfaat yang dapat dinikmati dari keberadaan pepohonan perdu. Selain itu, dengan tidak ditunjang dengan keberadaan akar yang sedemikian kuat, menjadikan pepohonan perdu ringkih terhadap tantangan alam seperti badai angin.

 

Lantas bagaimana dengan pohon pinus yang tampak sombong menjulang itu??

 

Dengan penampilan yang tidak semenarik pepohonan perdu, pohon pinus tidak banyak memberi manfaat bagi sekitarnya. Hanya satu manfaat yang sepertinya menonjol yang dapat dinikmati oleh sekitarnya, termasuk diantaranya si pohon perdu, ialah bahwa pohon pinus dapat memberikan keteduhan karena kemampuannya menghalangi panasnya sinar matahari pada waktu siang hari.

 

Walaupun minim manfaat, namun apa yang diberikan oleh pohon pinus ini tidak berbatas musim alias sepanjang tahun untuk masa yang cukup lama. Dan karena didukung oleh akar yang kuat menghujam kedalam tanah, menjadikan pinus memiliki ketahanan yang memadai terhadap tantangan alam.

 

Mentemen...

 

Keberadaan kita manusia seperti halnya pemisalan antara pohon pinus dan pohon perdu diatas, ada manusia yang setipikal pepohanan perdu yang dapat memberikan banyak manfaat kepada lingkungan namun hanya musiman dan tidak bertahan lama. Dan adapula tipe manusia yang mungkin sedikit memberikan manfaat kepada sekitarnya namun konsisten terus menerus dalam jangka waktu yang tidak sebentar.

 

Dua tipikal manusia yang berbeda dalam hal kemanfaatan tersebut akan kembali kepada singmasing kita, karena keduanya adalah pilihan yang akan kita ambil dengan latar belakang pertimbangan yang tentunya akan berbeda satu dengan lainnya.

 

Jadi mentemen... termasuk tipikal sifat pohon manakah kita saat ini?

 

 

----
Salam Semangat!!
@ludwinardi | WA/PH 0852 2614 9414 
http://ludwinardi.com

 

Ilustrasi: internet


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 8+9+0

SLINK

Komunitasku

Komunitas Blogger Bekasi

 

Visitors