Kekuatan Pikiran

image

 

Pikiran adalah kekuatan yang sangat efektif...
Tanpanya, setiap kekuatan hanya besar saja...

[Victor Hugo]

 

Dalam al-Khawâthir, Syekh Muhammad Mutawallî al-Sya'râwi mengatakan, "Pikiran adalah alat ukur yang digunakan manusia untuk memilih sesuatu yang dinilai lebih baik dan lebih menjamin masa depan diri dan keluarganya."

 

Dengan berpikir, kata James Allan, seseorang bisa menentukan pilihannya. Dalam psikologi-sosial, ilmuwan mendefinisikan "berpikir" sebagai bagian terpenting yang membedakan manusia dari binatang, tumbuhan, dan benda mati.

 

Dengan berpikir, manusia dapat membedakan yang bermanfaat dan tidak bermanfaat; antara yang halal dan yang haram; antara yang positif dan yang negatif. Dengan begitu, ia bisa memilih yang cocok bagi dirinya dan bertanggung jawab atas pilihannya.

 

Kutipan dari kalimat bijak dari filsafat India kuno menyatakan bahwa "Hari ini Anda tergantung pada pikiran yang datang saat ini. Besok Anda ditentukan oleh kemana pikiran membawa Anda." Dan memang begitulah kenyataannya, karena perasaan dan perbuatan pasti dimulai dari pikiran. Pikiranlah yang menjadi pendorong setiap perbuatan dan dampaknya. Pikiranlah yang menentukan kondisi jiwa, tubuh, kepribadian, dan rasa percaya diri.

 

Dalam buku Aladdin Factor karya Jack Canfield dan Mark Viktor Hansen, kita akan menemukan informasi yang menghentak kesadaran kits. Dalam buku itu disebutkan bahwa setiap hari manusia menghadapi lebih dari 60.000 pikiran, dan satu-satunya yang kemudian dibutuhkan adalah pengarahan.

 

Jika arah yang ditentukan bersifat negatif, maka sekitar 60.000 pikiran akan keluar dari memori ke arah negatif. Sebaliknya, jika pengarahannya positif maka sejumlah pikiran yang sama juga akan keluar dari ruang memori ke arah yang positif.

 

Pada tahun 1986, penelitian Fakultas Kedokteran di San Francisco menyebutkan bahwa lebih dari 80% pikiran manusia bersifat negatif, hasil penelitian ini memperkuat pernyataan bahwa nafsu cenderung menyuruh pada keburukan.

 

Dengan hitung-hitungan sederhana, 80% dari 60.000 pikiran, berarti setiap hari kita memiliki 48.000 pikiran negatif dan semua itu turut mempengaruhi perasaan, perilaku, serta penyakit yang mendera jiwa dan raga. Jika demikian, kita harus ekstra hati-hati dalam memilih pikiran di benak kita, karena menurut Pascal, kemuliaan manusia terletak pada pikirannya.

 

Jadi mentemen...

Masih beranikah untuk memberikan porsi besar kepada pikiran negatif dalam ruang berfikir kita??

 

 

Dr. Ibrahim Elfiky
Author of International Best Seller "Quwwat al-Takfîr."

 


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 0+2+3