Perubahan Yang Dipersiapkan

image

 

 

Adalah sahabat Mush'ab bin Umair yang menjadi duta pertama yang diperintahkan oleh Yang Mulia Nabi Muhammad SAW untuk berdakwah kepada masyarakat Kota Madinah sehingga dapat menerima ajaran Islam dalam kondisi damai. Dan manfaat besar yang dirasakan oleh dakwah Islam atas perintah pengiriman duta pertama ke Madinah ini baru didapati beberapa tahun setelahnya, ketika perintah berhijrah berlaku kepada Nabi Muhammad dan para pengikutnya.

 

Sejarah mencatat bagaimana masyarakat Kota Madinah yang telah disiapkan sedemikian rupa oleh Sahabat Mush'ab bin Umair ini menjadi masyarakat yang menerima hijrahnya Nabi dengan sukacita dan mereka menjadi pendukung utama dakwah Nabi dimasa setelah peristiwa hijrah.

 

Setelah peristiwa pengiriman duta dakwah pertama kali dilaksanakan, terdapat rentetan peristiwa-peristiwa dan strategi-strategi yang dilakukan Nabi dan para pendukung dakwahnya di Kota Mekkah guna melengkapi persiapan pelaksanaan peristiwa besar Hijrah sehingga berjalan dengan sukses.

 

Peristiwa besar hijrah menuju perubahan kondisi yang lebih baik dilakukan dengan persiapan berupa pembagian rombongan hijrah kedalam beberapa kelompok kecil yang di pencar dalam lokasi pemberangkatan yang berbeda dan dilepas hanya waktu malam hari di waktu yang berbeda masing-masing kelompoknya.

 

Dan ketika perintah hijrah tersebut sampai kepada Kanjeng Nabi, persiapan pemberangkatan Kanjeng Nabi dilakukan dengan menggunakan strategi bak operasi intelejen dimana Sahabat Ali bin Abi Thalib berperan seolah-olah sebagai Nabi yang sedang tidur di ranjangnya guna mengelabui Kaum Quraisy yang telah lama mengintai rumah Nabi sejak waktu sebelumnya. 

 

Pemberangkatan itu juga dibarengi dengan persiapan yang dilakukan oleh Nabi dan sahabat Abu Bakar serta memanfaatkan bantuan dua orang anak Abu Bakar Ra. (Abdullah dan Asma); bantuan seorang khadimat (pembantu) Abu Bakar Ra; dan pertolongan seorang penunjuk jalan dari kalangan Kaum Quraisy yang saat itu belum memeluk Islam.

 

Asma bertugas memberikan supply makanan kepada Ayahnya Abu Bakar dan Kanjeng Nabi di Gua Tsur; Abdullah berperan memberikan informasi terkini dari Kaum Quraisy di Kota Mekkah kepada Abu Bakar dan Kanjeng Nabi; sementera khadimat Abu bakar bertugas memberikan supply susu dari domba yang sengaja digembalakan dimuka Gua Tsur guna menghilangkan jejak Abu Bakar dan Kanjeng Nabi.

 

Begitulah tahapan kronologis adanya sampai akhirnya pelaksanaan Hijrah dapat berhasil dilaksanakan dengan gilang gemilang sehingga tujuan perubahan kepada kondisi lebih baik dapat direngkuh Kanjeng Nabi beserta pengikutnya di Kota Madinah.

 

-----

 

Peristiwa hijrahnya Yang Mulia Nabi Muhammad SAW adalah suatu usaha dan ikhtiar untuk merubah kondisi yang sebelumnya tertekan menjadi bebas, tertekan secara ekonomi; sosial; politik dan dakwah menjadi bebas merdeka tanpa ancaman dari musuh-musuh dakwah islam pada waktu itu. 

 

Namun yang kemudian perlu kita pahami bersama adalah bahwa perintah untuk melaksanakan hijrah waktu itu tidak serta merta muncul begitu saja tanpa adanya perintah-perintah dan strategi-strategi pendahuluan untuk mempersiapkan segalanya.

 

Mentemen sekalian...

 

Ternyata peristiwa besar tonggak keberhasilan dakwah Islam ini memberikan pelajaran yang begitu berharga kepada kita tentang perubahan baik yang disiapkan. Tidak ada yang ujug-ujug langsung didapatkan hasilnya, prosesnya akan panjang dan pastinya akan diawali dengan persiapan dan strategi untuk mendukung keberhasilannya.

 

Bahwa perubahan menjadi baik dalam kehidupan kita, apapun itu, membutuhkan persyaratan yang perlu disiapkan berupa: Agenda dan strategi yang akan dilaksanakan; Pemimpin visioner yang dapat mengawal realisasinya serta pihak-pihak lain yang dapat membantu terwujudnya perubahan baik itu yang berasal dari pendukungnya maupun bantuan dari luar pendukungnya, bahkan mereka itu dapat berasal dari musuhnya sekalipun.

 

Yuk mari kita persiapkan peta jalan kita menuju perubahan yang baik itu... setuju!!

 

 

 

----
Salam Semangat!!
@ludwinardi | WA/PH 0852 2614 9414 
http://ludwinardi.com

 

Ilustrasi: wikipedia


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 5+2+3