Komitmen dan Konsisten

image

ko.mit.men

[n] perjanjian (keterikatan) untuk melakukan sesuatu; kontrak: 

 

---

 

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata komitmen dijabarkan pengertiannya sebagai perjanjian atau keterikatan untuk melakukan sesuatu; dalam pengertian lainnya, komitmen juga diartikan sebagai kontrak.

 

Sementara dalam banyak literatur artikel, penulisan komitmen selalu disandingkan dengan kata konsisten, entah sebab apa, namun pastinya ketika kedua kata itu disandingkan masing-masing satu dengan lainnya akan tampak terasa ruh semangatnya. Komitmen ditunaikan diawal sebagai perjanjian yang menghujam dalam untuk dilaksanakan dan konsisten adalah serangkaian proses yang kemudian menjaga janji dan komitmen dalam jalannya mencapai target dan tujuan yang dicitakan.

 

Dan persandingan komitmen dan konsisten ini banyak diceritakan serta ditasbihkan sebagai salah satu faktor penting bagi seseorang dalam keberhasilan meraih cita-cita suksesnya dalam dunia pekerjaan, pendidikan, keluarga, usaha dan tersebut hal lainnya.

 

Kita harus komitmen dan konsisten dalam usaha untuk sukses dan berhasil, begitulah kira-kira kunci yang mendasarinya...

 

---

 

Singmasing kita tentunya memiliki beragam pemahaman dan pengalaman dalam konteks sandingan komitmen dan konsisten ini, namun sepertinya saya memiliki sedikit cerita pengalaman sederhana yang bagi saya cukup menggugah terkait tema cerita kita kali ini dan tiada salahnya saya share kepada mentemen sekalian.

 

Adalah Desember tahun 2013 tahun lalu ketika saya berkomit untuk dapat mewajibkan diri saya menyelesaikan tilawah Qur'an satu Juz setiap harinya. 

 

Janji yang kemudian saya ikhtiar barengi dengan turut bergabung dalam suatu komunitas kebaikan yang sedang hot-hotnya waktu itu, Komunitas @OneDayOneJuz (#ODOJ). Komunitas yang tujuannya adalah dapat menyelesaikan amanah tilawah satu Juz setiap hari bagi anggotanya, sepertinya klop sudah strategi yang saya lakukan waktu itu.

 

Bergabung bersama 29 orang lainnya yang memiliki komitmen sama membuat konsistensi begitu baik terpelihara setiap harinya, jadilah khataman pertama kali saya terjadi tepat pada malam tahun baru Masehi di tahun 2014. Sejak itu saya ditempa untuk selalu ingat akan komitmen saya diawal dan konsisten menuntaskan janji yang kemudian bertransformasi menjadi amanah yang wajib ditunaikan setiap harinya.

 

Jujur harus saya akui bahwa komitmen tersebut sangat berat bagi saya diawalnya, namun dengan bekal lingkungan mentemen di grup #ODOJ yang mendukung dan memelihara api semangat kebaikan itu, maka lamat-lamat menjadi sebuah kebiasaan (habit) tersendiri yang bilamana belum tertunaikan akan berasa ada sesuatu yang kurang dan mengusik ketenangan tidur.

 

Hari-hari libur adalah watu yang cukup berat untuk menuntaskan komitmen ini, ada masanya diwaktu libur ketika satu waktu saya beraktivitas seharian penuh diluar sehingga melalaikan kewajiban tilawah, namun dengan mamaksa dalam letih dan kantuk saya usahakan tuntaskan tugas itu.

 

Pantang tidur sebelum kholas (khatam)... begitulah mentemen grup terus menyemangati singmasing kita yang menjadi anggotanya.

 

Dan Bulan November ini, tak terasa sudah berjalan selama 11 bulan bagi saya dan mentemen menapaki komitmen kami dan konsisten dalam perjalanannya dengan segala suka dan duka ceritanya. 

 

Semoga dalam bulan ke-12 nanti Allah SWT berikan kekuatan dan kesempatan bagi saya untuk dapat menggenapkan ikhtiar saya dalam menjaga komitmen dan memelihara konsistensi ini selama setahun penuh dan masa-masa setelahnya.

 

 

 

----
Salam Semangat!!
@ludwinardi | WA/PH 0852 2614 9414 
http://ludwinardi.com

 

Ilustrasi: internet

 

 


1 Komentar
image

Tue, 25 Nov 2014 @12:19

Irsyad

Semoga tetap semangat.


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 7+1+3

Tema Wadah Ide
Ide Teranyar
Filling Ide
Ide yang Dikomentari
SLINK

Komunitasku

Komunitas Blogger Bekasi

 

Visitors