Semangat Yang Sama

image

 

Event pemilihan pemilihan "Board of Trustees (BOT)" dari organisasi IMAAM (organisasi komunitas muslim Indonesia di Kota Washington DC, Amerika), adalah agenda formal yang baru pertama kali saya ikuti semenjak berinteraksi dengan komunitas muslim Indonesia terbesar di DC ini beberapa waktu lalu. Sebelumnya saya hanya sebagai pemanfaat dari layanan dan beberapa kegiatan yang banyak diselenggarakan oleh IMAAM baik pada event regular maupun yang incidental.

 

Organisasi IMAAM memiliki sebuah masjid yang juga berfungsi juga sebagai Islamic Centre (IC) bagi komunitas muslim Indonesia di DC. Sebuah area bangunan yang sebelumnya merupakan bangunan gereja yang kemudian dirubah fungsinya menjadi masjid dan IC. Tempat penyelenggaraan ibadah sholat sekaligus sebagai tempat ajang silaturahmi diantara anggota komunitas. Tempat yang cukup nyaman dan mudah terjangkau karena berlokasi di antara jalan utama kawasan Silver Spring, Washington DC.

 

Di ruangan hall meeting gedung IMAAM Centre itulah agenda pemilihan BOT IMAAM diselenggarakan. Agenda diawali dengan suasana santai dan canda, dengan disertai nasihat dan wejangan dari para sesepuh IMAAM dan anggota BOT serta presidium IMAAM. 

 

Ketika memasuki paruh kedua yang berupa agenda amandemen dan diteruskan dengan agenda pemilihan, saya merasakan atmosfir yang berbeda. Suasana menjadi panas dengan disertai banyak interupsi dari anggota komunitas yang hadir berjumlah lebih dari 150 orang itu. 

 

Saya menyaksikan banyak raut wajah yang tegang dari kursi para peserta yang hadir, baik pada bagian pria maupun wanita. Banyak pula peserta yang kemudian berdiri dan menampakkan kekalutannya. Hujan interupsi dan pandangan serta mempertahankan pendapat diantara sesepuh dan anggota lainnya terjadi berdesingan di dua agenda akhir yang penting ini. Alot dan menegangkan.  

 

Awalnya saya cukup pesimis akan akhir dari event ini yang akan berkepanjangan tanpa ujung. Sampai akhirnya pembawa acara yang memegang kendali acara merubah kepesimisan saya. Sang pembawa acara cukup berhasil mendrive agenda acara untuk tetap on the track.

 

Alhamdulillah, dengan semangat dan niat baik yang sama untuk kepentingan penguatan organisasi IMAAM kedepannya, para peserta secara perlahan menurunkan tensinya. Bayangan saya dimana acara ini akan selesai sampai larut malam, berubah seketika setelah terpilihnya 4 anggota BOT yang baru secara demokratis dan cukup memuaskan seluruh anggota komunitas yang hadir. Sebuah moment penguatan yang sangat penting di tengah-tengah era yang serba tidak menentu bagi komunitas muslim pada umumnya di Amerika.

 

Dari pengalaman menghadiri event kegiatan ini, saya mendapatkan begitu banyak pelajaran penting. 

 

Satu diantaranya adalah bilamana kita memiliki semangat, tujuan dan niat baik yang sama untuk kepentingan organisasi dan anggotanya, maka sangat mudah bagi kita untuk mendapatkan kesepakatan diantara kita walaupun sebelumnya terjadi perbedaan pendapat dan perselisihan opini dengan disertai latar belakang yang berbeda pula.

 

Begitulah yang saya rasakan kemarin ketika mengikuti acara yang luar biasa ini. Semoga organisasi IMAAM menjadi semakin besar, sukses, penuh berkah dan turut berperan serta menampilkan wajah Islam yang sebenarnya ditengah-tengah masyarakat Amerika yang merupakan etalase dan jendela pertama komunitas dunia.

 

---
Salam Terbaik,

 

#Ilustrasi: IMAAM's FB Fan Page


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 2+8+1

Tema Wadah Ide
Ide Teranyar
Filling Ide
Ide yang Dikomentari
SLINK

Komunitasku

Komunitas Blogger Bekasi

 

Visitors