SATU TUBUH

image

 

"Perumpamaan kaum mukmin dalam sikap saling mencintai, mengasihi, dan menyayangi itu..." tutur sang Nabi dihadapan para sahabatnya seperti diriwayatkan dalam hadits riwayat Muslim. "... seumpama tubuh..." Beliau yang mulia melanjutkan. "... jika satu anggota tubuh sakit, maka anggota tubuh yang lain akan sudah tidur atau merasakan demam." Tutupnya.

Mentemen sekalian, hari-hari ini kita mendengar dan menyaksikan bagaimana saudara-saudara muslim kita dibelahan bumi lain sedang berjuang menghadapi cobaan demi cobaan yang menerpanya. 


Dan kabar terakhir yang sedang marak di lini masa gawai kita adalah tentang perjuangan mukmin Rohingya dalam menghadapi penindasan dari rezim iblis nan biadab di Myanmar. Tekanan dari militer yang tidak perperikemanusiaan yang konon juga didukung oleh sang tokoh penerima Nobel perdamaian dunia serta tokoh-tokoh agama mayoritas disana.

Darah tertumpah dari ribuan korban dari golongan mukminin yang tidak mengerti sebabnya. Pria, Wanita, orangtua, bahkan anak-anak kecil sekalipun. Lingkungan tempat tinggal menjadi kota mati karena ditinggal penghuninya yang dipaksa pergi meninggalkan tanah tumpah darahnya.


Sungguh begitu getir kita menyaksikannya bercampur amarah yang membuncah ketika mendengar bagaimana kisah sedih itu bisa terjadi. Kita sepatutnya merasakan bagaimana bagian tubuh kita yang lainnya sedang terluka karena Saudara-saudara kita di Rohingya terdzolimi sedemikian rupa. 


Jelas kita mengutuk sebenar-benarnya perilaku biadab yang dipertontonkan oleh rezim biadab Myanmar itu. Tidak rela dalam lubuk hati terdalam kita karena saudara-saudara muslim kita diperlakukan secara tidak manusiawi seperti itu. Namun sungguh kita segera tersadarkan bahwa itu semua adalah karena ketetapan-Nya.


Dan mentemen sekalian, tiada pengharapan yang paling paripurna selain pengharapan kepada-Nya. Tidak pada pemerintah kita, pun tidak pula pada lembaga dunia yang seakan acuh terhadap peristiwa kemanusiaan ini. Kita berharap semata kepada Allah SWT agar segera membalikkan ketetapan-Nya dan mendatangkan azab dalam apapun bentuknya bagi mereka para pelaku genosida itu.


Sementara itu, disisi lain, kita berbuat semaksimal mungkin untuk membantu meringankan penderitaan Saudara-saudara kita itu dengan doa dan tindakan. Karena sesungguhnya benarlah sabda Nabiyullah SAW yang menyatakan bahwa barang siapa yang melepaskan satu kesusahan orang mukmin, maka pasti Allah akan melepaskan darinya satu kesusahan pada hari kiamat kelak.


Semoga penderitaan Muslim Rohingya segera berakhir dan pada akhirnya Allah SWT berikan tempat mulia kelak kepada mereka. Dan semoga pula Allah SWT akan menghilangkan kesusahan kita di hari kiamat nantinya karena upaya bantuan dalam apapun bentuknya kepada saudara-saudara kita kaum Muslim Rohingya, Myanmar.


Aamiin... Aamiin... YRA     
🙏😇🙏


Salurkan bantuan donasi Anda melalui program IMSA Care Rohingya Relief dengan mengklik http://rohingya.imsacare.us


#IMSACare
#Rohingya
#PrayAndDonate
#WeCareRohingya


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 0+3+9