JEDA

image

.

.

Berbeda dengan waktu istirahat. Jeda  merupakan waktu yang relative tidak lama untuk sekedar berhenti dari rutinitas dan memberikan kesempatan bagi tubuh kita untuk relax. Sementara waktu istirahat bisa jadi waktu yang cukup lama yang disediakan bagi kita untuk beristirahat panjang.
.
Karena rahmat dan kasih Sayang-Nya, Allah SWT Sang Penguasa Waktu menciptakan dua waktu utama, siang dan malam. 
., ,
Waktu siang diciptakan untuk totalitas beraktivitas. “Dan Kami jadikan siang untuk mencari penghidupan,” (An Naba: 11). Sementara, malam hari disediakan bagi kita, diantaranya, agar dapat beristirahat sehari-harinya. “Dan Dialah yang menjadikan malam untukmu (sebagai) pakaian, dan tidur untuk istirahat,” (Al Furqan: 47).
.
Dan diantara dua waktu utama itu terdapat waktu-waktu jeda. Bahkan dalam lamanya malam kita dalam beristirahat panjang, dianjurkan secara keras bagi kita untuk berkontemplasi memanfaatkan jeda dalam heningnya tahajud. 
.
Lebih-lebih pada lamanya waktu di siang hari. Allah SWT sediakan jeda-jeda diwaktu tertentu disepanjang aktivitas kita. Dalam pertengahan waktu diawal beraktivitas disediakan sunnah Dhuha. Di pertengahan hari disepanjang aktivitas terletak waktu sholat Dhuhur untuk kita berjeda. Dan pada pertengahan akhirnya kita diberikan waktu jeda dalam aktivitas sholat Ashar kita.
.
Konsep waktu jeda ini tampak sejalan dengan  temuan dalam sebuah penelitian terkait dengan produktivitas manusia. Salah satu observasi dilakukan oleh para psikolog di University of Illinois at Urbana-Champaign. 
.
Penelitian tersebut berhasil mengungkap bahwa seorang yang mengambil waktu jeda untuk sekedar beristirahat ditengah aktivitasnya memiliki mental stamina yang lebih baik. Kondisi ini, tentu saja, sangat berkorelasi positif dengan tingkat produktivitasnya.
.
So mentemen, hayok kita ambil waktu jeda kita secukupnya untuk meningkatkan produktivitas kerja-kerja kita.
.
.
Salam Terbaik,
@ludwinardi

 


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

SLINK

Komunitasku

Komunitas Blogger Bekasi

 

Visitors