KHARISMA

image
Microsoft merupakan salah satu korporasi besar yang pernah memiliki dua contoh model leader (kepemimpinan) yang sangat kontras satu dengan lainnya. Kepemimpinan yang sangat energetik versus kalem. Tipe pemimpin yang meledak-ledak kontra pemimpin yang rata-rata air dalam penyampaian visi dan ide-idenya.
Bill Gates sebagai salah satu peletak pondasi perusahaan multi dollar Microsoft tampak bertemperamen sabar. Pembawaannya sangat kalem. Intonasi suaranya datar dan terstruktur. Gesture tubuhnya tidak banyak improvisasi seakan monoton. 
Namun ketika Ia berbicara di forum menyampaikan ide dan visinya, ribuan pasang mata bak tersihir untuk tidak lepas penglihatannya dari Gates. Mendengarkan dan mencerna kata perkata yang disampaikannya. Bill Gates memotivasi dan menginspirasi banyak orang dengan gaya khasnya yang kalem dan cenderung santai dalam pembawaannya.
Disisi lain Steve Balmer sebagai sukessor Bill Gates di tapuk pimpinan Microsoft, memiliki gaya yang 180 derajat berlainan dengan Gates. Balmer sangat energetik dan meledak-ledak dengan intonasi suara naik turun memanaskan suhu ruangan. Penguasaan panggungnya begitu maksimal dengan pergerakan cepat kekiri dan kanan panggung. Sesekali dilengkapi dengan kepalan tangan yang menjunjung langit.
Pun begitu, aksi Balmer cukup membuat banyak orang membelalak. Pandangan mata khalayak seperti terkunci mengikuti ritme gerakan Balmer. Sementara pendengaran mereka mengindra dengan seksama setiap ujaran visi dan ide yang disampaikan Balmer dengan gayanya yang berapi-api. Steve Balmer memotivasi dan menginspirasi khalayak dengan gayanya aktifnya yang khas.
Kedua tipe model kepemimpinan di Microsoft memiliki visi yang terang benerang sehingga apapun yang disampaikannya jelas dimengerti oleh struktur dibawahnya. Pesannya tidak ambigu walaupun disampaikan dengan model penyampaian yang sangat kontradiktif. Kalem disatu sisi, berapi-api disisi lain. Perkataan mereka tidak multi tafsir dan jauh dari membingungkan pendengarnya. Visi-lah yang kemudian  menjadi guide bagi setiap perkataan dan pesan Gates dan Balmer dalam setiap kesempatan bertemu dengan para stakeholder mereka.
Yang lebih penting, kedua tipe kepemimpinan Microsoft yang saling bertolak belakang tersebut memiliki kharisma. Sebuah syarat yang tidak tertulis namun nampak jelas ada pada diri seorang model pemimpin. Kharisma tidak dapat diwariskan dari seorang Bapak yang kharismatik bahkan kepada anak kandungnya sendiri. Begitu juga kharisma tidak tercipta dalam sekejap malam dengan seongok segala model pencitraan yang ada. Kharisma muncul dalam lamanya tempaan hidup. Ia melekat pada jatidiri yang berhasil survive dalam cobaan demi cobaan, yang dapat lepas dari tantangan demi tantangan. 
Kharisma merupakan inner behavior yang menjelma keluar tanpa wujud namun kehadirannya begitu dirasakan orang lain disekelilingnya. “Charisma is hard to define, near impossible to measure and too elusive to copy,” tutur Simon Sinek dalam salah satu bukunya yang menjadi best seller di Amerika pada tahun 2009. Kharisma sangat menginspirasi dan memberi dampak positif bagi khalayak disekitarnya.
Salam Terbaik,
@ludwinardi


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Tema Wadah Ide
Ide Teranyar
Filling Ide
Ide yang Dikomentari
SLINK

Komunitasku

Komunitas Blogger Bekasi

 

Visitors